Rumah Lelang yang cocok untuk berinvestasi

Rabu, 08 Juli 2009

Tips membeli mobil bekas bagian 2

Rabu, 08 Juli 2009
Membeli mobil bekas susah2 gampang, jika anda tidak mengerti mungkin anda akan mengalami kebobolan dari segi finansial dan untuk mengatasi hal tersebut maka yang perlu anda perhatikan selain masalah surat menyurat dari mobil dan pemilik sebelumnya ada beberapa hal yang anda perlu perhatikan. Hal ini bertujuan agar anda ketika setelah membeli mobil tersebut, mobil bisa langsung digunakan serta dimana anda butuh uang secara mendesak, anda jual kembali harga minimal sama bahkan bisa lebih (alias untung booo) :

Beikut ini hal - hal yang anda harus perhatikan :

1. Interior
Kondisi mobil secara global bisa anda lihat dari pengguna sebelumnya apakah orang tersebut dalam hal ini pengguna mobil sebelumnya suka merawat kendaraannya atau tidak ? Ini terbukti dengan tingkat kerapihan dan kebersihan dari interior kendaraan, jika bersih berarti kemungkin besar, pengguna kendaraan sebelumnya merupakan tipe orang yang suka merawat kendaraannya dan kita sebagai orang yang membeli kendaraan yang di jualnya tersebut tidak usah mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan interior kendaraan secara menyeluruh... kan lumayan bisa hemat uang meskipun hanya beberapa ratus ribu bahkan bisa sampai jutaan rupiah kalau untuk mobil2 eropa.

2. Body dan Cat kendaraan
Ketika kita hendak membeli mobil baik baru atau bekas, untuk sebagian orang warna merupakan masalah yang besar karena warna merupakan suatu kesenangan atau hoki untuk orang2 tertentu bahkan mungkin hingga sampai ke pantangan. Jika anda termasuk orang yang memiliki kategori diatas maka saran saya jangan anda membeli mobil tersebut karena ketika anda sudah membeli kemungkinan besar anda akan malas untuk menggunakan kendaraan tersebut. (Khan sayang ... jadinya mubazirrrr)

Jika anda menganggap warna tidak terlalu penting maka yang anda harus perhatikan dalam membeli kendaraan adalah cat dan body kendaraan tersebut, dimana body dan cat pada kendaraan merupakan suatu hal yang penting dalam penampilan kendaraan pada saat anda berkendaraan sedangkan fungsi lain dari segi penampilan adalah biaya, karena jangan sampai anda melakukan pengecatan ulang pada kendaraan yang anda beli dengan alasan lumayan mahal harganya. Sehingga untuk menanggulangi hal tersebut ada beberapa trik diantaranya:

a. Pastikan body kendaraan anda masih memiliki cat orsinil bawaan pabrik, untuk mengetahuinya cukup mudah diantaranya secar visual warna kendaraan akan timbul bersinar meskipun tidak terkena sinar matahari.

b. Pastikan body kendaraan yang akan anda beli tidak pernah di cat ulang karena alasan ketabrak atau menabrak karena ini akan kembali mempengaruhi harga jual kembali kendaraan anda dan untuk mengetahuinya ada beberapa cara diantaranya :
  • Ketuk perlahan seluruh bagian body kendaraan tersebut dengan perlahan menggunakan tangan dimana untuk kendaraan yang memiliki body orsinil, suara ketukan akan terdengar nyaring seperti anda mengetuk badan tiang listrik sedangkan kalau suaranya tidak nyaring anda mesti curiga !!!!
  • Lihat body dari samping kendaraan apakah body masih mempunyai bentuk yang lurus atau sama antara bagian kiri body dan kanan body. Untuk melakukan hal ini anda harus berdiri dibelakang bagian mobil dan intip body kendaraan tersebut secara menyeluruh dari belakang sampai depan begitu juga sebaliknya.
  • hal yang terakihir adalah cacat kecil pada cat kendaran, karena hal yang satu ini tidak mungkin bisa dicegah dan bisa terjadi dimana saja baik saat kendaran sedang dipakai atau tidak maka hal ini menjadi sebuah toleransi wajar untuk menghilangkannya, untuk menghilangkannya anda bisa memoles seluruh body kendaraan dengan menggunakan paste WAX untuk cat kendaraan (merk sensor ... bukan promosi)
3. Ban dan Speedo meter
Ban memiliki keterkaitan langsung dan berhubungan erat dengan speedo meter, dimana hal in untuk mengetahui jarak pemakaian kendaraan oleh pengguna sebelumnya. Semakin kecil KM pada speedo meter maka kondisi ban juga dapat dipastikan akan semakin baik kondisinya karena itu menunjukan kendaraan jarang di pakai untuk berpergian jauh (keluar kota), umumnya untuk kendaraan yang memiliki kriteria seperti ini harganya jauh lebih mahal dari harga pasaran ... tetapi anda sudah bisa memastikan bahwa kondisi mesin masih ok punya.

4. Mesin dan Suspension pada kendaraan
Untuk orang awam yang benar - benar buta sama mesin dan suspension kendaraan, saran saya sech anda menggunakan jasa seorang mekanik. Hal ini bertujuan agar nanti kendaraan yang beli tidak usah overhoul atau turun mesin mengingat biaya dan harga onderdil yang selangit ... alias tinggal langsung pakai tanpa perawatan sebelumnya.

Tapi pada umunya ciri mesin kendaraan yang baik adalah sebagai berikut:
a. Suara mesin terdengar halus (tidak kasar), ketika mesin dihidupkan dan kap mesin dibuka
b. Lihat asap pembuangan knalpot kendaraan dimana :
  • Jjika putih pekat berarti ring kompresi pada piston sudah aus (harus diganti) dan ini akan mengakibatkan pemakaian bahan bakar kendaraan akan boros dan masalah tenaga sech pasti looooyyyyoo.
  • Jika hitam pekat itu menandakan ring oli pada piston sudah aus (harus diganti) ini akan mengakibatkan pemaikaian oli mesin akan cepat habis dimana oli tersebut ikut terbakar bersama bahan bakar.
  • Jika asap pada knalpot normal (putih tapi tidak pekat), dan umumnya knalpot akan mengeluarkan air setetes demi setetes ... ini menandakan kondisi mesin GOOOOD
c. Suspension, sebetulnya untuk yang satu ini sech sedikit rumit karena untuk memastikan 100% anda harus melakukan test drive tapi berhubung dengan keamanan yang punya kendaraan yang sebagian besar pemilik sebelumnya tidak mengizinkan untuk melakukan test drive maka cara yang paling mudah tetapi kurang akurat adalah dengan mendorong mobil tersebut dari samping body kendaraan agar kendaraan bergerak ke kiri dan ke kanan serta lihat ke kolong kendaraan kemungkinan terjadi bocor pada oli baik oli mesin atau oli suspension.

5. Test Lampu2 pada kendaraan.
Lampu2 pada kendaraan memang harganya tidak seberapa tetapi hal ini merupakan salah satu baigian penting kendaraan terlebih lagi jika malam hari ... jadi anda sebaiknya melakukan pengecekan lampu2 kendaraan pada kendaraan yang hendak anda beli agar tidak usah keluar uang lagi untuk membenarkan lampu2 kendaraan yang sudah putus ...

Semoga ilmu pengetahuan ini dapat bermanfaat, bagi siapa saja yang membacanya terutama bagi anda yang hendak membeli kendaraan second / bekas alias bukan baruuuuu yang baru dapat di lihat disini

0 komentar:

Posting Komentar

 
gudang informasi pengetahuan ◄>