Rumah Lelang yang cocok untuk berinvestasi

Jumat, 29 Mei 2009

Super Komputer yang paling kuat di Eropa untuk perhitungan ilmiah dioperasikan di Jerman

Jumat, 29 Mei 2009


Komputer ini adalah versi Blue Gene IBM yang ditempatkan pada Pusat Riset di Juelich (Juelich Research Centre), dengan kecepatan pengolahan sampai 46 teraflops (46Tflops), setara dengan 46 trilyun operasi perhitungan perdetik. Kecepatan perhitungan komputer ini lebih cepat 15000 kali kecepatan PC Desktop.

Super Komputer akan memberikan kemudahan para dokter, ahli kimia, ahli ilmu biologi dan peneliti medis untuk membuat kalkulasi yang sangat kompleks.

Pihak IBM mengatakan, komputer ini juga dapat dipakai untuk meramalkan cuaca atau meramalkan bergeraknya bursa saham.

"Alat komputasi ini merupakan suatu alat yang sungguh hebat untuk program ilmiah yang memerlukan kemampuan yang tak terukur dalam perhitungan," kata Schaefer Petrus dari Pusat Riset tersebut, dan ditempatkan pada daerah antara sebelah barat Cologne dan Aachen Jerman.

Schaefer yang memimpin suatu tim riset memutuskan jenis komputer ini pada Pusat Riset tersebut, mereka men klaim sebagai komputer yang terkuat di Europe.

"Semua projek, kegiatan ilmiah, riset menyambut untuk memakainya, yang akan memberikan ketenangan dalam projek mereka" ungkap pada kantor berita Perancis AFP.

Sembilan puluh persen pembiayaan datang dari pemerintah Jerman, dengan sisanya 10 persen didukung oleh pemerintah daerah Rhine-Westphalia di mana Pusat Riset Juelich berada.

Menurut situs www.top500.org yang menyediakan informasi tentang rangking superkomputer, mengungkapkan bahwa mesin yang berbasis di Juelich itu sebagai salah satu yang terkuat di Europe, disamping superkomputer di Barcelona - Spanyol.

Bagaimanapun, Atomic Energy Commission Perancis (CEA) mengaku mereka juga mempunyai mesin yang paling kuat di Europe, suatu mesin 50-teraflop yang dibangun oleh Bull dan baru-baru ini dioperasikan.

Situs Www.Top500.Org akan memperbaharui informasi rangking superkomputer yang dimilikinya pada bulan Juni.

Komputer yang paling kuat di dunia adalah versi tingkat lanjut Blue Gene - IBM, yang dipakai di Lawrence Livermore National Laboratory, suatu Department AS dari laboratorium Energy di California, yang ini mampu menghitung sampai 367 teraflops perdetik!!.

Disadur dari Physicorg.com/AFP (Webmaster)


Berselancar di dunia maya ... selain informasi dan pengetahuan yang didapat ... dapatkan juga penghasilannya.... semuanya gratis .... gag pake bayar ... info lebih lanjut dapat anda baca disini ...

0 komentar:

Posting Komentar

 
gudang informasi pengetahuan ◄>