Rumah Lelang yang cocok untuk berinvestasi

Senin, 25 Mei 2009

Mengatasi Karburator banjir pada motor dan mobil

Senin, 25 Mei 2009
Karburator banjir merupakan masalah sepele yang paling menyebalkan karena bensin habis dengan jalan yang tidak semestinya alias terbuang percuma dan masalah yang di timbulkannya ini membuat kita menggunakan kendaraan menjadi tidak nyaman, penyebab utama adalah kerusakan adalah pelampung karburator itu sendiri. Nach mungkin tips dibawah ini bisa membantu para pengendara jika suatu saat kendaraan anda mengalaminya dimana anda sendirian dan jauh kemana mana terutama jika anda sedang berpergian jauh :

Untuk pengendara sepeda motor
masalah banjir pada karburator yang sering dialami sepeda motor adalah sebagai berikut beserta solusi penyelesaiannya:

1. Karburator banjir, mendadak motor sering mati2 ketika jalan terutama ketika hendak jalan
Untuk permasalahan ini, anda harus membuka dan membersihkan karburator terutama pada baiang main jet dan pilot jet minimal lubang pada kedua komponen tersebut harus dibersihkan dengan menggunakan serabut yang tipis ditambah bensin dari tangki motor anda sendiri dan jangan lupa membersihkan saluran utama masuknya bensin masuk kedalam karburator serta jarum pelampungnya dicuci dengan bensin kemudan pasang kembali semuanya. Untuk masalah setelan spuyer angin dan gas jika anda, bingung untuk menyetel perbandingannya maka gunakanlah minimal perbandingan satu banding satu (1:1), caranya dengan memapatkan baut spuyer angin dan bensin tersebut (putar ke arah kanan) dan setelah itu putar kembali spuyer angin dan bensin tersebut ke kiri sebanyak 3 x 360 derajat putaran

2. Karburator banjir, bensin terbuang dengan cara netes kejalan
Untuk permasalahan ini, anda tidak usah membongkar karburator, hal ini disebabkan jarum pelampung karburator tersumbat / terselip butiran kotoran halus yang membuat jarum pelampung karburator anda tidak bisa bekerja seperti biasanya (normal) ... Solusi dari maslah ini, anda cukup mengambil obeng dan pukul2 karburator motor anda tersebut dengan perlahan dengan menggunakan gagang dari obeng tersebut.


Untuk pengendara mobil
masalah banjir pada karburator yang sering dialami mobil adalah sebagai berikut beserta solusi penyelesaiannya:

Untuk karburator mobil permasalahan yang dihadapi tidak berbeda jauh seperti permasalahan karburator sepeda motor, hanya saja kalau banjir pada karburator mobil semua permasalahan yang dialami karburator motor dibuat menjadi satu serta ditambah mobil sering mati2 dan sering susah ketika dihidupkan.

Solusi untuk masalah ini adalah buka bagian pelampung karburator anda (letak pastinya tutup karburator pelampung bensin pada mobil adalah sebelum selang bensin dan setalah pompa bensin / rotax), biasanya tutupnya memiliki paking dibawahnya yang berfungsi untuk mencegah kebocoran dan dibaut dengan baut + sebanyak 4 buah minimal atau lebih.

Setelah anda menemukan dan membukanya serta mengangkatnya anda akan melihat pelampung yang menempel pada dudukan karburator. Dimana untuk membenarkanya anda membutuhkan sebuah tang cucut yang berfungsi untuk menyetel plat besi yang berfungsi sebagai setelan pelampung dan menahan jarum pelampung itu sendiri.

Gambar dasar dari sebuah karburator

Caranya setelah anda mengangkat bagian atas karburator anda lepaskan poros yang mengikat pelampung bensin dan angkat juga seluruh jarum pelampungnya dan bersishkan


baru kemudian anda stel pelat kecil pada pelampung karburator dengan jalan membengkokan sedikit saja ke bagian atas, kurang lebih 20-25 derajat dan yang menjadi patokan setelan adalah batas garis melintang didalam ruang bensin dimana jika garis tengah pelampung kira2 sudah berada di garis tersebut maka posisi karburator harus sudah dapat menghentikan aliran bensin kedalam ruang penampung bensin di karburator. Caranya dengan meniup dan menghisap saluran masuk untuk masuk bensin ketika posisi kedua garis sejajar (harus berhenti tidak ada aliran angin yang masuk ke dalam).


Ini dimaksudkan agar jarum dapat tertekan keatas dan menutup jalan masuknya bensin dan akan terbuka kembali begitu pelampung turun pada karburator yang menandakan suplay bensin didalam tangki penampungan sementara kembali mulai kosong dan begitu seterusnya.

NB : 
Cari propolis melia nature dan melia biyang  (non mlm) harga termurah dan terpercaya kunjungi saja ini :

Semoga membantu

0 komentar:

Posting Komentar

 
gudang informasi pengetahuan ◄>